Kering Tempe Teri Petai

Salah satu menu favorit keluarga kami Bahan-bahan 2 papan tempe ukuran sedang 1/2 mangkok teri medan 1 papan petai secukupnya Garam dan gula Minyak untuk menggoreng Bahan yang dihaluskan: 1 genggam cabe keriting 2 siung bawang merah 1 siung bawang putih Langkah Tempe dipotong kecil2. Goreng sampai kecoklatan dan kering. Sisihkan.   Petai diambil bijinya, cuci bersih lalu potong sesuai selera. Goreng sebentar,… Read More »

Ikan Mas Panggang Sederhana

Hay sahabatHari ini binggung mau masak ap tp pengen yg bakar2, karna d kampung aku paling banyak ikan ini dan paling gampang temuinnya. Jd terpilih la ikan mas ini. Ikan mas ini adalah ikan air tawar yg paling banyak d ternak d kampung aku lo sahabat. Dan masaknya juga banyak pilihannya. D Panggang ini salah… Read More »

Sayur urap Jawa

Ini paling favorit saya sekali , makan bisa berkali kali tanpa ikan  Bahan-bahan Sayur kenikir Kacang panjang Kecambah Kelapa parut muda 20 biji Cabe rawit 2 biji Cabe merah 3 ruas Bawang putih 4 ruas Kencur Daun jeruk secukupnya Garam dan gula pasir 1 sdm minyak goreng untuk menumis Haluskan : Bawang putih dan kencur, cabe, gula, garam, daun jeruk Langkah… Read More »

Botok telur asin

Awal mula suka sama makanan ini dulu waktu orang tua ada acara syukuran rumah, sewa jasa katring dengan menu siang yang segar dan suroboyo an, maklum ya kita asli Surabaya, menu katring waktu itu sayur asem, botok, ayam goreng dan tahu tempe, gimana nikmat kan hehehe Bahan-bahan 5 bungkus 5 telur bebek mentah, pisahkan kuning nya… Read More »

Gongso ati ayam dengan sayur koool

Bahan-bahan 5 ati ayam 5 lembar daun kol 2 daun bawang Bumbu ulek kasar : 3 bawang merah 4 bawang putih 3 cabe merah 5 rawit merah (sesuai selera pedas) Bumbu masak : Kecap manis Kecap asin Gula Garam Penyedap (optional) Langkah Gunakan ati ayam yg sudah diungkep (sudah matang)   Tumis bumbu ulek hingga harum..tambahkan sedikit air..masukan irisan daun kol..kecap manis kecap… Read More »

Soto tauto pekalongan simpel

Hanya berbagi resep saat ujin praukom. Maaf bahan pelengkap tidknterfoto Bahan-bahan 1 porsi 100 gram daging sapi tenderloin 1 sct tauco kecil 500 ml air 3 cm jahe 4 butir Kapulaga Kecap manis 1 butir Pala secukupnya Mie bihun 1 butir Telur Lada Garam Seasoning (kaldu instan) Wortel. Bombay. Daun bawang (mairpoix) untuk rebusan daging Bumbu halus 3 cm Serai Bawang merah 7bbuah… Read More »

Opor ayam (fiber creme)

Udah lama meninggalkan MSG dan skr mencoba meninggalkan santan. Dan ternyata rasanya tetep enak kok, pastinya sehat bebas kolestrol Bahan-bahan 1/2 kg ayam 5 bh tahu putih (belah 2) 2 sdm fiber creme (bisa d tambah sesuai selera kekentalan) 2 btg serai 3 lbr daun jeruk Bawang goreng Bumbu halus 10 siung bawang merah 8 siung bawang putih 3 ruas kunyit 1 ruas kencur… Read More »

Sempol Sosis Udang Keju

Hi moms sy bikin Sempol lg nih secara keseluruhan bahannya sm hanya saja di tambahkan udang cincang sm keju cheddar parut, yuk langsung aja Bahan-bahan 8 pcs sosis ayam haluskan 100 gram udang cincang 8 sdm tepung tapioka 3 sdm tepung terigu 50 gram keju cheddar parut 1 butir telur, kocok 1 buah wortel parut 1 batang daun bawang di iris 2 siung bawang… Read More »

Opor ayam simple endol

Selalu bingung masak apa, mau nya yang sekalian biar anak2 bisa ikutan makan juga. Coba bikin opor, eh si adik doyan. Kalau kakanya jangan tanya, emang susah makan dr kecil hehehe Bahan-bahan 1/2 kg ayam (saya pakai sayap ayamnya saja) Bumbu Halus: 6 bawang merah 3 bawang putih 1 ruas jahe 1 ruas kunyit 3 cm Lengkuas 3 butir kemiri 2 lbr daun… Read More »

Garang Asem Ayam Pedas Kukus

Cuaca yang tidak menentu bikin badan ikutan panas dingin. Makan masakan yang pedas hangat bisa membantu badan jadi lebih segar. 1 ekor ayam Kampung jadi 8 bungkus. Sedikit atau banyaknya isi tiap bungkus, sesuai selera. Bahan-bahan 8 porsi 1 ekor Ayam Kampung 6 siung Bawang Merah 4 siung Bawang Putih 25 bh Cabe Rawit 2 bh Cabe Merah 3 bh Tomat… Read More »